Hotel Budi berencana untuk mengembangkan usahanya dengan melakukan penjualan secara online. Untuk itu perusahaan bekerjasama dengan jasa Traveloka yang pembayaran dapat dilakukan melalalui kartu kredit. Dengan Kerjasama ini diharapkan akan meningkatkan omzet penjualan kamar.
KONDISI
DOKUMEN YANG DIGUNAKAN
A. Booking
B. Cek In
C. Cek Out
- Customer booking Via Traveloka ( metode pembayaran tamu : Kartu Kredit )
- Customer mendapat bukti E-Voucher dari traveloka jika sudah melakukan pembayaran booking.
- Traveloka mengirimkan E-Voucher ke Customer dan Pihak Hotel Budi sebagai bukti bahwa ada pemesanan dari customer.
- Traveloka membayar tagihan hotel sesuai dengan cara pembayaran pada perjanjian kerjasama anatar hotel yang memuat tata cara pembayaran sebagai berikut DIBAYARKAN SEBELUM TAMU DATANG ATAU SEBELUM TAMU CHECK OUT
DEPARTEMENT YANG TERKAIT
- Front Office
- Bagian Keuangan ( Kasir)
- Sales Admin
DOKUMEN YANG DIGUNAKAN
- E-Voucher
- Memo Booking
- Booking Confirmation Letter
- Form Booking
- Form Tamu
- INVOICE
- Bukti Transfer
- Laporan Keuangan
- Kartu Ucapan Terima Kasih
DESKRIPSI
A. Booking
- Costumer melakukan process booking pada traveloka.com dengan langkah langkah sebagai berikut:
- Customer mencari hotel pada halaman traveloka
- Customer memilih hotel pada halaman pencarian
- Customer melakukan pemesanan pada hotel yang dipilih
- Customer mengisi data pemesanan (data tamu, tagl cek in dan tanggal cek out )
- Setelah menginput data pemesanan, customer memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit
- Setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran, traveloka mengirimkan e-voucher kepada customer dan kepada hotel BUDI melalui front office , yang menandai bahwa pembelian telah sukses
- Hasil print out E-Voucher digunakan untuk melakukan cek in pada hotel yang dimaksud
- Front Office menerima E-Voucher Traveloka dari management Traveloka
- Front Office melakukan input data dan status booking (Penggantian status kamar yang dimaksud , menjadi ‘dipesan’) dan menulis kode voucher pemesanan
- Front office membuat memo booking (2 Rangkap ) , rangkap 1 diinput kedatabase dan dijadikan arsip, rangkap 2 diberikan ke Sales Admin untuk ditindak lanjuti.
- Bagian Sales Admin menerima memo booking (R2), melakukan rekap dan membuat Booking Confirmation (2 Rangkap )dan Membuat form booking (2 Rangkap). Booking Confirmation Letter (R1) dikirimkan ke pihak Traveloka menggunakan email bersamaan dengan invoice yang dibuat bagian keuangan. Booking Confirmation Letter (R2) diberikan kepada bagian keuangan untuk dibuatkan Invoice.
- Bagian Keuangan menerima Booking Confirmation Letter dan membuat tagihan ( INVOICE – 2 Rangkap ) , Rangkap 1 Invoice diserahkan ke Sales Admin untuk dikirimkan ke TRaveloka, Rangkap 2 Invoice sebagai Arsip.Bagian keuangan mencatat booking pada Form Booking.
B. Cek In
- Front office menerima E-Voucher dari Customer
- Front Office melakukan pencocokan kode voucer yang diterima dari costumer dengan kode voucer yang diterima dari traveloka pada Form Booking pada database
- Jika data data yang diserahkan Customer cocok dengan database booking, Front Office membuat Memo Cek-in (2Rangkap ) Rangkap 1 diserahkan kepada Customer sebagai tanda bahwa Customer sudah bisa menggunakan fasilitas (menginap ) pada hotel Budi dan Rangkap ke 2 di serahkan kepada Sales Admin sebagai pemberitahuan bahwa Booking Sudah Dikonfirmasi.
- Sales Admin yang menerima Memeo cek in memberitahu pihak Traveloka bahwa Tamu sudah cekin dan mengingatkan pembayaran yang harus dilakukan oleh pihak Traveloka kepada Hotel Budi.
- Setelah Cek In dikonfirmasi kepada Pihak Traveloka, Traveloka akan membayar sejumlah uang via transfer bank sesuai dengan INVOICE yang diterima dari hotel BUDI
- Setalah melakukan transfer, Traveloka akan mengirimkan bukti transfer ke Sales Admin Hotel BUDI .
- Sales Admin menyerahkan bukti pembayaran Traveloka kepada Bagian Keuangan , Bagian keuangan yang menerima bukti transfer dari Pihak Traveloka melakukan pengecekan pada rekening Bank.
- Setelah Uang diterima , Bagian keuangan membuat Tanda Terima Pembayaran ( pelunasan pembayaran ) , Tanda Terima Pembayaran dibuat 3 rangkap, 1 rangkap untuk bagian Sales Admin, 1 Rangkap untuk Traveloka, dan 1 rangkap sebagai bukti untuk rekapan saaat membuat laporan keuangan.
- Bagian Keuangan membuat laporan keuangan terhadap transaksi tersebut
- Laporan keuangan yang dibuat oleh Bagian Keuangan diserahkan kepada pihak management setelah dilakukan night audit.
- Sales Admin yang menerima Tanda Bukti Pembayaran membuat Kartu Ucapan Terimakasih, yang akan diserahkan ke Bagian Front Office. Dimana Kartu Ucapan Terimakasih akan diberikan kepada Customer saat Customer melakukan Cek-Out.
C. Cek Out
- Customer menuju Front Office untuk melakukan cek out
- Front Office melakukan konfirmasi kepada Customer bahwa pembayaran sudah diterima, dan Front Office memberikan Kartu Ucapan Tanda Terima Kasih kepada customer, yang menandakan bahwa customer diperbolehkan cek out .
FLOWCHART
No comments:
Post a Comment